Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah

Penyebab penyempitan pembuluh darah di Indonesia karena penyakit jantung yang memiliki beberapa jenis penyakit jantung, namun penyakit jantung yang paling sering melanda dan diderita oleh kebanyakan masyakarat Indonesia terutama pada golongan atas adalah penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner terjadi akibat gaya hidup dan pola makan yang salah dan banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, sehingga terjadi penyempitan pada pembuluh darah akibat terbentuknya plak dari lemak makanan yang tertimbun dalam tubuh dan merusak fungsi jantung. Jika otot jantung yang berfungsi sebagai tenaga pompa jantung tidak memperoleh suplai darah yang cukup, misalnya disebabkan penyempitan pembuluh darah, miocard melemah. Kasus ini disebut penyakit jantung koroner.

penyebab penyempitan pembuluh darah

penyebab penyempitan pembuluh darah

Berikut ini beberapa faktor penyebab penyempitan pembuluh darah :

1. Penyebab penyempitan pembuluh darah biasanya terjadi akibat proses arterosclerosis yaitu terbentuknya bercak menebal pada dinding pembuluh arteri bagian dalam, sehingga mempersempit aliran darah ke otot jantung. Penyempitan itu bisa terus menebal hingga menutupi aliran darah dalam arteri koronaria, yang akhirnya membunuh jantung. Proses arterosclerosis sering terjadi akibat faktor usia, yakni faktor yang tidak bisa dicegah karena proses almiah.

2. Faktor bawaan sejak lahir. Faktor ini juga sulit untuk dikendalikan.

3. Terjadinya penumpukan kolesterol yang sebenarnya dibutuhkan untuk memelihara kelangsungan fungsi-fungsi organ. Meskipun demikian, jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, akan mempermudah terjadinya bercak pada dinding dalam arteri koronaria.

4. Hobi mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi dan kaya akan kolesterol jahat serta asam lemah jenuh secara berlebihan dan tidak terkendali. Hobi itu menjadi tanda tanda penyakit jantung. Makanan yang mengandung tinggi kalori tersebut seperti jeroan hewan, daging sapi, makanan yang digoreng dengan minyak yang berulang-ulang. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk anda mengurangi beli gorengan di pinggir jalan.

5. Penyebab penyempitan pembuluh darah lainnya adalah adanya kebiasaan merokok atau mengkonsumsi alkohol yang akan menggangu peredaran darah dalam tubuh anda sehingga muncul tanda tanda penyakit jantung pada diri anda.

6. Malas malasan untuk melakukan olahraga sehingga kalori dalam tubuh tidak bisa diolah dengan sempurna dan hanya akan tersimpan dalam bentuk lemak tubuh. Semakin lama dibiarkan akan semakin menjadi pemicu penyempitan pembuluh darah.

7. Apabila anda kelebihan asupan kalori dalam tubuh juga termasuk tanda tanda penyakit jantung yang akan menjadi penyebab terjadinya penyempitan pembuluh darah. Kalori yang berlebih dalam tubuh tidak dapat dicerna dan akan disimpan dalam bentuk lemak yang akan menyumbat pembuluh darah dalam tubuh anda.

Tanda tanda penyakit jantung yang diakibatkan dari penyebab penyempitan pembuluh darah antara lain:

1. Membatasi makanan yang mengandung minyak jenuh tidak lebih dari 20 gram setiap harinya. Batasi penggunaan minyak trans sedikit mungkin anda bisa untuk mencegah penyebab penyempitan pembuluh darah. Lemak jenuh dan lemak trans yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi dengan berlebihan akan menyebabkan terjadinya radang arteri. Lemak jenuh seperti roti kayu manis, dan lemak trans seperti mentega dan margarin.

2. Berolahraga paling tidak selama 30 menit setiap harinya. Dengan memilik olahraga yang anda sukai anda dapat membakar lemak dalam tubuh yang menjadi penyebab adanya penyempitan pada pembuluh darah dalam tubuh anda. Olahraga yang dapat anda ambil seperti berjalan kaki, joging, berenang, tenis, dan olahraga lainnya yang mampu mengurangi tanda tanda penyakit jantung. Dan ditambah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi yang menjadi sumber vitamin D yang murah dan mudah didapat. Selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, berjemur di pagi hari juga menurunkan risiko penyebab penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah dalam tubuh anda.

3. Jauhi alkohol dan obat-obatan terlarang untuk menghindari penyebab penyempitan pembuluh darah yang ada dalam diri anda. Satu lagi tetaplah gembira dan rileks dalam menghadapi masalah. Hasil riset membuktikan bahwa selalu dalam keadaan bahagia itu akan melancarkan peredaran pembuluh darah dan memiliki fungsi yang sama sebagai obat alami pengcegah tanda tanda penyakit jantung.

4. Konsumsi buah yang baik untuk mencegah adanya penyempitan pembuluh darah seperti Jeruk, Anggur, Delima, Apel, Kiwi, Alpukat, Stroberi, Blewah, Lidah buaya, Wortel, Tomat, Mentimun, Kulit Manggis, Daun sirsak. Serta konsumsi bayam yang mengandung serat dan potasium yang dapat menyehatkan untuk jantung dan mengurangi penyebab penyempitan pembuluh darah.

5. Awasi selaku tekanan darah anda apakah normal atau justru malah tinggi. Tekanan darah yang tinggi menjadi salah satu penyebab terjadinya penyempitan pada pembuluh darah. Lakukan segala cara untuk menaikan atau menurunkan tekanan darah dalah tubuh anda hingga mencapai angka 115/75 yang termasuk dalam angka normal untuk tekanan darah pada anda yang sehat. Kadar HDL yang tinggi juga dapat memicu tanda tanda penyakit jantung dapat menyerang kita. Untuk mengatur tekanan darah dan HDL cukup mudah hanya cukup melakukan olahraga yang rutin dan rajin cek kedokter atau pusat kesehatan sekitar rumah anda.

6. Menjaga tidur yang tetap cukup adalah salah satu cara mencegah penyebab penyempitan pembuluh darah. Untuk itu anda harus selalu tidur dengan cukup paling tidak 8 jam setiap malam. Pasalnya orang yang tidur kurang dari enam jam memiliki resiko munculnya tanda tanda penyakit jantung akan menyerang anda.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tanda Tanda Penyakit Jantung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>